Rechercher dans ce blog

Senin, 13 Mei 2024

Keluarga Umumkan Raja Film-B, Roger Corman Meninggal pada Usia 98 Tahun - detikHot

Jakarta -

Raja film B legendaris, Roger Corman, yang menyutradarai dan memproduksi ratusan film klasik bujet rendah serta menemukan bintang-bintang industri masa depan seperti Jack Nicholson, Martin Scorsese dan Robert De Niro, tutup usia. Ia meninggal di usianya yang ke-98 tahun.

Menurut pernyataan putrinya dikutip dari The Guardian, Senin (13/5/2024), Corman meninggal pada Kamis, 9 Mei di rumahnya yang berada di kawasan Santa Monica, California, dikelilingi oleh anggota keluarga.

"Film-filmnya revolusioner dan ikonoklastik, memperlihatkan semangat dari sebuah zaman. Ketika ditanya bagaimana dia ingin dikenang, dia (hanya) berkata, 'Saya adalah seorang pembuat film', cuma itu," kata keluarganya dalam sebuah pernyataan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dia murah hati, berhati terbuka dan baik hati kepada semua orang yang mengenalnya," lanjut pernyataan tersebut.

Selama lebih dari 60 tahun berkarier, Corman kembangkan gaya yang sederhana dan ceria hingga membuat dirinya disebut sebagai Raja Flilm B. Film-filmnya terkenal dengan efek khusus dengan bujet rendah dan judul-judul yang catchy alias menarik perhatian. Contohnya, She Gods of Shark Reef (1958) dan Attack of the Crab Monsters (1957).

ADVERTISEMENT

Meski begitu, dirinya memainkan peran penting dalam mengembangkan bakat sejumlah sutradara ternama loh, James Cameron dan Martin Scorsese contohnya. Dirinya juga meluncurkan karier aktor seperti Peter Fonda, Robert De Niro, dan Sandra Bullock. Wah!

Corman lahir pada tanggal 5 April 1926 di Detroit, Michigan dari pasangan Anne dan William yang merupakan seorang insinyur. Ia memiliki satu adik laki-laki, Gene, seorang produser yang berkolaborasi dengan dirinya dalam sejumlah film.

Awalnya, Corman kelihatan bakal ikuti jejak ayahnya dengan menerima gelar sarjana teknik industri dari Universitas Stanford. Tapi, setelah empat hari melakoni pekerjaan pertamanya sebagai sarjana di US Electrical Motors di Los Angeles, Corman sadar dirinya pengin kerja di bidang film. Segeralah ia berangkat ke 20th Century Fox dan mendapat pekerjaan sebagai kurir.

[Gambas:Instagram]

Corman memutuskan buat tinggalkan Fox ketika nggak dapat credit atas idenya buat film Gregory Peck, The Gunfighter. Nggak lama kemudian, ia bekerja secara independen, memproduksi sebanyak sembilan film dalam setahun dan lebih dari 400 film sepanjang kariernya.

Meski film-filmnya diproduksi dengan bujet minim, bukan berarti pendapatannya minim juga, detikers. Bahkan, sebagian besar filmnya menghasilkan pendapatan berlipat ganda dari biaya produksinya.

Jangan diremehkan, meski film-filmnya beranggaran rendah, Corman dianugerahi penghargaan Oscar loh. Nggak tanggung-tanggung, pada upacara AMPAS' first Governors Awards ceremony, November 2009, Ron Howard sampai berikan penghormatan kepadanya karena pekerjakan wanita di posisi eksekutif utama dan pekerjaan kreatif, serta memberikan peran besar kepada mereka.

Posisi ini digadang-gadang sebagai posisi yang sulit atau sebutannya salah satu dari sedikit pintu yang terbuka' yang melampaui usia, ras, dan jenis kelamin.

Terlepas dari posisinya yang sangat besar di industri ini, Corman sangat rendah hati.

"Aku tidak tahu apakah akan mengatakan bahwa aku adalah seorang seniman. Aku berusaha untuk melakukan pekerjaan ku dengan cara yang terbaik. Jika sesekali ada sesuatu yang melampaui keahlian, maka itu luar biasa. Itu tidak terlalu sering terjadi," katanya dalam sebuah wawancara pada 2011.

Simak Video "Kabar Duka, Nenek Dante Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/pus)

Adblock test (Why?)


Keluarga Umumkan Raja Film-B, Roger Corman Meninggal pada Usia 98 Tahun - detikHot
Baca Lagi artikel selanjutnya Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mandala Shoji Ngaku Dapat Ancaman dan Intimidasi hingga Mobil Disiram Air Keras - detikHot

[unable to retrieve full-text content] Mandala Shoji Ngaku Dapat Ancaman dan Intimidasi hingga Mobil Disiram Air Keras    detikHot Intip ...