Rechercher dans ce blog

Jumat, 29 Desember 2023

Ari Bias Tunggu Respons Baik Manajemen Agnez Mo Soal Lisensi Lagu - detikHot

Jakarta -

Para komposer musik dan lagu Indonesia tengah berjuang untuk mendapatkan hak royalti mereka. Ari Bias merupakan salah satu yang vokal terhadap hal tersebut. Secara terbuka dia telah memberikan ultimatum buat para artis yang dinilai tak bekerja dalam hal lisensi lagu salah satunya adalah Agnez Mo.

Ari Bias menciptakan beberapa lagu yang dipopulerkan oleh Agnez Mo. Dua di antaranya adalah single terpopuler Agnez Mo saat masih menggunakan nama Agnes Monica yakni Bilang saja dan Bukan Milikmu Lagi. Kini Ari Bias melarang Agnez Mo membawakan lagu-lagu tersebut.

Ketika ditemui di Kantor Sekretariat Presiden di Gambir, Jakarta Pusat, pada Kamis (28/12/2023), Ari Bias menjelaskan bahwa dirinya sudah menyampaikan perihal direct license buat lagu-lagu ciptaannya ke manajemen Agnez Mo. Namun tak ada respons positif dari mereka.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Direct license sendiri merupakan kontrak yang dibuat komposer dengan syarat dan ketentuan tertentu atas penggunaan musik ciptaan mereka. Lewat direct license ini, komposer diharapkan mendapatkan lebih banyak porsi dari royalti.

"Ya sebenarnya sudah saya sampaikan sejak Juli 2023 bahwa saya sudah memberlakukan direct license untuk lagu-lagu saya kepada penyanyi-penyanyi yang membawakan lagu saya, salah satunya adalah Agnes Monica," ujar Ari Bias kepada detikcom.

"Manajemen Agnez Mo yang kurang merespons positif. Kurang punya semangat seperti yang lain, bahwa kondisi pencipta lagu ini, mereka sedang tidak baik-baik saja," tuturnya.

Ari Bias menyebut saat ini kondisi komposer di Indonesia sedang krisis. Banyak dari mereka tidak mendapatkan hak ekonomi dari royalti lagu yang dibawakan para penyanyi di setiap konser.

Karena manajemen Agnez Mo tak pernah merespons permintaannya termasuk soal direct license, akhirnya Ari Bias memberikan ultimatum. Dia melarang Agnez Mo menyanyikan lagu-lagu ciptaannya di panggung.

Sebelum ultimatum ini dikeluarkan, Ari Bias tahu bahwa sang penyanyi masih membawakan lagu-lagu ciptaannya.

"Mereka (para komposer) tidak mendapatkan royalti atau hak ekonomi dari setiap konser yang dibawakan lagu-lagunya. Karena tidak pernah merespons positif, akhirnya saya melarang lagu saya dibawakan, khususnya untuk Agnez Mo," papar Ari Bias.

(aay/dar)

Adblock test (Why?)


Ari Bias Tunggu Respons Baik Manajemen Agnez Mo Soal Lisensi Lagu - detikHot
Baca Lagi artikel selanjutnya Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Irish Bella Buka Lembaran Baru dengan Pria Lain Usai Bercerai - detikHot

[unable to retrieve full-text content] Irish Bella Buka Lembaran Baru dengan Pria Lain Usai Bercerai    detikHot Irish Bella Temukan Peng...