Rechercher dans ce blog

Rabu, 27 Maret 2024

Raffi Ahmad Dulu Punya Cicilan Rp 2 M Per Bulan, Sekarang Mahir Putar Uang - detikHot

Jakarta -

Raffi Ahmad juga pernah merasakan dihantui cicilan per bulan. Bahkan angkanya mencapai Rp 2 miliar per bulan.

Cicilan disebut Raffi Ahmad menjadi salah satu motivasi dirinya untuk bekerja keras. Dia merasa ada tanggung jawab setiap bulannya yang harus dipenuhi.

"Gue juga zaman dulu nyicil terus. Setiap beli mobil, rumah, nyicil terus. Itu membuat kita nih kalau punya cicilan mempunyai motivasi untuk kerja bayar cicilan," kata Raffi Ahmad ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Cicilan-cicilan itu ada saat Raffi Ahmad belum menikah. Meski saat awal-awal menikah masih tersisa cicilan tersebut.

"Nikah satu, dua tahun awallah itu punya cicilan sampai sebulan itu hampir Rp 2 miliar gue. Banyak aja (nyicilnya)" aku Raffi Ahmad.

ADVERTISEMENT

"Gue dulu terlalu salah. Memang cicilan itu jangan tinggi-tinggilah jatuhnya juga gue stres. Cuma akhirnya pelajaran buat gue. Kita kalau mau nyicil itu atas kemampuan kita saja," pesan Raffi Ahmad.

Sampai saat ini Raffi Ahmad mengaku masih punya cicilan meski nilainya tidak sebesar dulu.

Cowok yang dijuluki sebagai Sultan Andara itu kini mempunyai aset mulai dari properti, mobil, dan bisnis. Dia juga mempunyai mobil Roll Royce senilai Rp 21 miliar yang disebut sudah lunas.

"Rp 21 m sudah (lunas). Mobil-mobil alhamdulillah sudah lunas semua. Ada yang belum lunas, itu rumah di BSD," ungkap Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad mempunyai prinsip boleh saja buka cicilan asal mampu bayar dan punya dana lebih.

"Sebenarnya dalam ilmu ekonomi kita nyicil itu diperbolehkan. Misal kita punya duit Rp 1 miliar, ada mobil harganya Rp 500 juta, kalau kita beli cash, sisa tinggal Rp 500 juta. DP 20 persen kita cuma keluarin duit Rp 100 juta, masih punya duit Rp 900 juta," kata Raffi Ahmad.

"Kalau gue sekarang belajar bisnis, duitnya mending kita plot-plot kan setiap bulan kita masih kerja. Kecuali 1 sampai 2 tahun kita nggak punya pemasukan lagi, harus mikir dua kali. Tapi kalau merasa 1 sampai 2 tahun lagi masih kerja, tiap bulan menghasilkan nggak usah takut," lanjutnya.

Sulung dari 3 bersaudara itu selalu menyisihkan 20 sampai 30 persen uang untuk dana darurat. Baru dari sisa dana itu dia pergunakan untuk membeli sesuatu.

"Kalau gue dari dulu memang gue hidup sendiri, gue selalu menyisihkan kalau misalnya punya Rp 100 juta seenggaknya Rp 20 sampai Rp 30 juta gue simpan. Sisanya 70 persen, misal Rp 100 juta, 30 persen bisa gue belanjain, 30 sampai 40 persen gue pikirin mau invest atau apa," beber Raffi Ahmad.

Simak Video "Potret Raffi Ahmad-Nagita Motoran ke TPS"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

Adblock test (Why?)


Raffi Ahmad Dulu Punya Cicilan Rp 2 M Per Bulan, Sekarang Mahir Putar Uang - detikHot
Baca Lagi artikel selanjutnya Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Irish Bella Buka Lembaran Baru dengan Pria Lain Usai Bercerai - detikHot

[unable to retrieve full-text content] Irish Bella Buka Lembaran Baru dengan Pria Lain Usai Bercerai    detikHot Irish Bella Temukan Peng...