Rechercher dans ce blog

Senin, 29 Januari 2024

Ini Profil Aminah Cendrakasih, Artis Senior yang Menjadi Google Doodle Hari Ini - beautynesia

Tema Google Doodle hari ini, Senin (29/1) menjadi salah satu yang menarik. Pasalnya, menampilkan sosok artis senior, Aminah Cendrakasih. 

Aminah Cendrakasih ditampilkan dengan gambar karikatur mengenakan kerudung berwarna krem dan baju baju bermotif warna merahnya. Wajahnya terbingkai dalam televisi analog yang menandai puncak kariernya dan dulunya dimiliki juga oleh keluarga Doel, sebuah sinetron yang mengharumkan namanya. 

Ternyata tema Google Doodle hari ini dilakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun mendiang aktris senior ini, yang ke-86 tahun. Walau ia kini telah tiada, namun sederet karyanya tetap terkenang sepanjang masa. 

Yuk, Beauties simak profil Aminah Cendrakasih di sini!

Profil Aminah Cendrakasih
Meskipun sakit, Aminah Cendrakasih tidak digantikan untuk memerankan Mak Nyak/Foto: Instagram.com/@sidoealanaksekolahan

Profil Aminah Cendrakasih/Foto: Instagram.com/@sidoealanaksekolahan

Aminah Cendrakasih, lahir di Magelang, 29 Januari 1938. Namanya dikenal sebagai aktris dan model Indonesia. 

Kehadirannya di industri film Tanah Air mulai dikenal setelah membintangi Serampang 12 (1956) dan Asmara Dara (1958). 

Ia terlahir dari orangtua yang sudah lebih dulu hidup di dunia hiburan. Ayahnya, Husin Nagib adalah seorang pelawak dan ibunya Wolly Sutinah adalah seorang aktris. Hal ini membuat Aminah sudah mengenal dunia panggung sejak masih sekolah di SKP. 

Perjalanan kariernya dimulai dengan aktif di pentas sandiwara sebagai pemain dan penyanyi, pada tahun 1955. Sejak saat itu, ia mendapat berbagai peran, hingga sejak 1955-1989 ia telah membintangi sekitar 101 film. 

Berkat kesetiaannya yang berpuluh-puluh tahun di dunia film ini, pada 1992 Aminah Cendrakasih mendapat Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional. 

Banyak Bermain Sinetron, Si Doel Anak Sekolahan yang Membuatnya Melambung!
Cuplikan serial Si Doel Anak Sekolahan.

Profil Aminah Cendrakasih/Foto: Dok. instagram/sidoelanaksekolahan

Bersamaan dengan perkembangan pertelevisian Indonesia, pemilik nama lengkap Siti Aminah Cendrakasih ini telah bermain dalam banyak judul sinetron. Sinetron pertamanya adalah Rumah Masa Depan (1984).

Satu dekade kemudian, ia bermain dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan (1994). Sinetron ini ditulis dan disutradarai oleh Rano Karno. 

Dalam sinetron ini Aminah berperan sebagai Mak Nyak, ibu dari Si Doel. Ternyata, berkat peran tersebut, ia sukses dikenal dan namanya kian populer. Sejak tahun 90-2000an, sinetron Si Doel Anak Sekolahan telah menjadi favoritnya banyak orang. 

Selain itu, beberapa judul sinetron lainnya juga ada Gembel Naik Kelas (2004), Hidayah (2005), Diatas Sajadah Cinta (2006), Si Doel Anak Pinggiran (2011), hingga Si Doel the Series yang diluncurkan setelah ia meninggal dunia (2022). 

Ada beberapa penghargaan yang pernah diraih oleh pemeran Mak Nyak semasa berkarier, yakni: 

  • Penghargaan Prestasi Seumur Hidup, dari Festival Film Bandung 2012 dan Indonesian Movie Actors Awards 2013.
  • Penampilan Singkat nan Berkesan, dari Piala Maya 2018, berkat Si Doel the Movie.
Meninggal Dunia Setelah Berjuang dengan Glukoma
Aminah Cendrakasih mengalami glukoma/Foto: CNN Indonesia/Tangkapan layar Youtube Karnos TV

Profil Aminah Cendrakasih/Foto: istimewa

Di masa tuanya, artis senior ini berjuang melawan penyakit glukoma, yang membuat kebutaan dan lumpuh. Penyakit ini dideritanya selama 13 tahun. 

Meski demikian, ia masih tetap semangat dalam berakting, walau hanya berbaring saja. Tiga karya terakhirnya sebelum wafat ada Si Doel the Movie (2018), Si Doel the Movie 2 (2019), dan Akhir Kisah Cinta Si Doel (2020). 

Aminah Cendrakasih meninggal dunia di usia 84 tahun, di kediamannya di Pondok Aren, Tangerang Selatan, pada 21 Desember 2022. Ia dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat. 

Kini, walau telah tiada, tapi nama dan sederet karyanya masih dikenang. Seperti dijadikan tema Google Doodle hari ini. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Adblock test (Why?)


Ini Profil Aminah Cendrakasih, Artis Senior yang Menjadi Google Doodle Hari Ini - beautynesia
Baca Lagi artikel selanjutnya Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Irish Bella Buka Lembaran Baru dengan Pria Lain Usai Bercerai - detikHot

[unable to retrieve full-text content] Irish Bella Buka Lembaran Baru dengan Pria Lain Usai Bercerai    detikHot Irish Bella Temukan Peng...