Rechercher dans ce blog

Senin, 16 Januari 2023

Apa Itu Jamur Cordyceps? Bikin Manusia Jadi Zombie di Series The Last of Us - detikHealth

Jakarta -

Series HBO The Last of Us menceritakan tentang pandemi global yang disebabkan oleh jamur Cordyceps. Dalam series tersebut, infeksi bakteri dari jamur Cordyceps memicu manusia menjadi zombie.

Kiamat zombie yang digambarkan dalam serial video game populer The Last of Us berasal dari mutasi jenis jamur yang Cordyceps. Tapi apakah jamur ini betulan ada?

Jangan kaget. Faktanya, jamur Cordyceps nyata, dan sekitar 600 variannya dapat ditemukan di seluruh dunia, terutama di Asia Tenggara.

Dalam episode BBC Planet Earth 2006, Attenborough dan tim dokumenternya menemukan berbagai jamur yang memanipulasi perilaku, termasuk jamur yang menjadi parasit semut kayu: Ophiocordyceps yang masih satu genus dengan Cordyceps. Dalam klip tersebut, jamur menginfeksi semut dan mengubahnya menjadi 'zombie'.

Film dokumenter Planet Earth dirilis pada 2006. Saat itu, parasit yang menginfeksi semut secara ilmiah dikenal sebagai Cordyceps unilateralis. Pada 2007, banyak jamur Cordyceps yang menjadi parasit di serangga, termasuk semut tetapi juga binatang seperti ulat dan laba-laba.

Apa itu jamur Cordyceps?

Cordyceps adalah jamur yang bersifat parasit dan hidup pada ulat tertentu di daerah pegunungan tinggi China. Cordyceps adalah genus dari fungi ascomycete yang mencakup sekitar 400 spesies.

Dikutip dari laman Science Direct, Cordyceps adalah ramuan obat yang unik dan berharga dalam Pengobatan Tradisional China (TCM), dan telah lama digunakan dalam terapi tradisional.

Bisa bikin orang jadi zombie?

Nggak. Kecuali kamu adalah karakter fiksi dari series The Last of Us. Jamur ini memiliki sejarah panjang dan sudah sering dijadikan sebagai obat bahkan bahan tambahan suplemen kesehatan.

Berdasarkan laman WebMD, jamur Cordyceps bisa meningkatkan kekebalan dengan merangsang sel dan bahan kimia tertentu dalam sistem kekebalan tubuh. Jamur ini juga membantu melawan sel kanker dan mengecilkan ukuran tumor, terutama dengan kanker paru-paru atau kulit.

Cordyceps paling sering digunakan orang dalam pengobatan TCM untuk orang dengan gangguan ginjal, masalah hati, dan masalah seksual, tetapi masih belum ada bukti ilmiah yang mendukung penggunaan ini.

Simak Video "Keterkaitan COVID-19 dengan Ledakan Kasus 'Jamur Hitam' di India"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/vyp)

Adblock test (Why?)


Apa Itu Jamur Cordyceps? Bikin Manusia Jadi Zombie di Series The Last of Us - detikHealth
Baca Lagi artikel selanjutnya Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hoax Atta Halilintar Nikahi Siri Ria Ricis, Polisi Buru Orang Ini - detikHot

[unable to retrieve full-text content] Hoax Atta Halilintar Nikahi Siri Ria Ricis, Polisi Buru Orang Ini    detikHot Polisi Usut Laporan ...